Tugas S2

 Abdul Kholiq Ramadhan

XI TJKT 3


1. Cari Bahan yang di gunakan dalam penerapan jaringan Fiber optic.

jawab : Bahan penyusunnya adalah serat kaca yang berguna untuk mendapat refleksi cahaya yang tinggi dari cermin tersebut sehingga data akan ditransmisikan dengan cepat pada jarak yang tidak terbatas.

Komponen kabel fiber optic antara lain :

  1. Bagian Inti (Core)
    Bagian inti fiber optik terbuat dari bahan kaca dengan diameter yang sangat kecil (diamaternya sekitar 2 μm sampai 50 μm). Diameter serat optik yang lebih besar akan membuat performa yang lebih baik dan stabil.
  2. Bagian Cladding
    Bagian cladding adalah bagian pelindung yang langsung menyelimuti serat optik. Biasanya ukuran cladding ini berdiameter 5 μm sampai 250 μm. Cladding terbuat dari bahan silikon, dan komposisi bahannya berbeda dengan bagian core. Selain melindungi core, cladding juga berfungsi sebagai pemandu gelombang cahaya yang merefleksikan semua cahaya tembus kembali kepada core.
  3. Bagian Coating / Buffer
    Bagian coating adalah mantel dari serat optik yang berbeda dari cladding dan core. Lapisan coating ini terbuat dari bahan plastik yang elastis. Coating berfungsi sebagai lapisan pelindung dari semua gangguan fisik yang mungkin terjadi, misalnya lengkungan pada kabel, kelembaban udara dalam kabel.
  4. Bagian Strength Member & Outer Jacket
    Lapisan ini merupakan bagian yang sangat penting karena menjadi pelindung utama dari sebuah kabel fiber optik. Lapisan strength member dan outer jacket adalah bagian terluar dari fiber optik yang melindungi inti kabel dari berbagai gangguan fisik secara langsung.

2. Cari peralatan yang di gunakan dalam penerapan jaringan Fiber optic.
jawab : 

1. Fusion Splicer Fiber Optic

Fusion Splicer

2. Stripper Atau Miller

Stripper Atau Miller


3. Cleaver

Cleaver


4. Optical Power Meter (OPM)

Optical Power Meter (OPM)


5. Optical Time Domain Reflectometer (RTDR)

Optical Time Domain Reflectometer (RTDR)


6. Light Source

Light Source Fiber Optic


7. Optical Fiber Identifier

Optical Fiber Identifier


8. Visual Fault Locator

Visual Fault Locator Fiber Optic


9. Bit Error Rate Test

Bit Error Rate TestDLL



3. Jelaskan masing2 fungsi dari bahan dan alat dalam penerapan jaringan fiber optic. Karena ini menjadi pengetahuan dasar saat praktik jaringan FO, maka tugas ini menjadi sangat penting, tolong di cari sejelas mungkin dan di ingat alat, bahan serta fungsinya.

jawab :

1. Fusion Splicer Fiber Optic

Fusion splicer juga dikenal sebagai alat penyambung serat optik adalah salah satu alat yang dipakai untuk menyambung sebuah core serat optik, yang dimana serat tersebut terbuat bahan kaca, dan mengimplementasikan sebuah daya listrik yang sudah dirubah menjadi sinar berbentuk laser.

2. Stripper Atau Miller

Sama seperti kabel – kabel yang lain, seperti kabel UTP, kabel fiber optic juga memerlukan alat untuk memotong dan mengupas kulit serta kabel.

3. Cleaver

Cleaver Tools berfungsi untuk memotong core yang kulitnya sudah dikupas, perlu diketahu bahwa pemotongan core wajib memakai Cleaver, karena serat kaca akan terpotong dengan rapih. Kerapihan ketika memotong core juga akan mempengaruhi hasil penyambungan nantinya.

4. Optical Power Meter (OPM)

Alat ini mempunyai fungsi sebagai pemeriksa kekuatan daya dari signal cahaya yang masuk, OPM juga mempunyai interface FC yang terhubung langsung dengan pathcore FC. Untuk kalian yang belum mengetahui tentang rumus yang dipakai dalam melakukan proses ini, berikut merupakan rumusnya

(TX – RX =…dB dibagi jarak (Km)

5. Optical Time Domain Reflectometer (RTDR)

OTDR adalah alat yang dipakai untuk mendeteksi komunitas atau himpunan pada kabel fiber optic dalam jarak tertentu, dengan adanya alat ini diharapkan bisa menghasilkan jarak dari kedua sisi yang merupakan ukuran gangguan yang terjadi. Sehingga dalam menemukan troubleshooting bisa dilakukan dengan baik, karena alat ini akan sangat membantu dalam menemukan letak lokasi gangguan yang sedang terjadi. Alat OTDR sendiri juga biasanya dipakai untuk mendeteksi Kabel Crack, letak core yang putus, Putus kabel atau untuk melakukan bending

6. Light Source

Alat ini berfungsi sebagai pemberi signal untuk jalur yang nantinya akan dilalui, misal untuk mengukur redaman jalur atau end to end yang mana Light Source akan berfungsi sebagai media pemberi signal-nya.

7. Optical Fiber Identifier

Alat ini mempunyai fungsi sebagai pemberi tahu arah signal dengan penunjukkan arah dan besaran daya yang di laluinya.

8. Visual Fault Locator

Alat ini sering juga disebut sebagai Laser fiber optic atau senter fiber optic. Fungsinya sebagai pengetes core fiber optic. Laser nantinya akan mengikuti serat Optik pada Kabel Fiber Optic dari POP hingga Ke User (end to end), jika core tidak mengalami masalah maka laser akan sampai pada titik tujuan.

9. Bit Error Rate Test

Alat ini mempunyai fungsi sebagai pemeriksa koneksi jaringan TDM (Time Divisio Multipleksi) dimana jaringan TDM pada aplikasinya yaitu layanan Clear Channel yang sedang dicoba untuk di uraikan penulis. Secara spesifik BER TES berfungsi sebagai pemeriksa dan pengberitahu TX atau RX yang error, lewat pengiriman paket dan lup

DLL



Comments

Popular posts from this blog

Tugas Jumlah previk